Tips Sukses Proses Tender di Software Procurement

 

 

 

katalog elektronikProses pengadaan barang dan jasa membutuhkan sebuah sistem. Tentunya hal ini akan membuat Anda memperoleh barang dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan. Tujuan procurement sendiri untuk mendapatkan barang dan jasa yang bisa lebih efisien dan efektif. Software procurement juga sangat cocok untuk Anda penyedia jasa.

 

Manfaat Pemakaian Software Procurement

 

Jangkauan pasar yang lebih luas sudah dipastikan didapatkan bila Anda memahami sistem procurement elektronik. Tentunya hal ini tidak membatasi untuk memasarkan produk pada satu lokasi saja. Memang memasarkan produk adalah sebuah tantangan tersendiri dalam berbisnis. Apalagi jika lokasi Anda cukup terbatas dalam hal pergerakan ekonomi.

 

Produk yang belum dikenal juga jadi hambatan lain ketika berbicara mengenai pemasaran produk. Dengan sistem procurement elektronik, kesulitan tersebut lebih bisa diatasi dan pemasaran jauh lebih luas. Pelaku bisnis lainnya juga dengan mudah menemukan Anda karena berbasis digital atau elektronik.

 

Sistem procurement tentunya akan mencakup persetujuan atau istilahnya mengumumkan pihak yang memenangkan tender. Sistem online ini akan memberikan kemudahan bagi perusahaan sebab tidak perlu memakai dokumentasi yang rumit untuk melakukan pemilihan supplier. Bahkan, perusahaan bisa melakukan persetujuan melalui online sehingga bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja.

 

Keuntungan terakhir adalah tentunya bisa membuat keseluruhan proses procurement jadi lebih cepat dan efektif. Biasanya proses ini memerlukan waktu yang lama dan banyak melibatkan orang. Dari segi penyedia, Anda juga tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk memberikan penawaran bagi perusahaan. Sistem procurement elektronik ternyata tidak hanya menguntungkan perusahaan saja tetapi juga dari sisi penyedia jasa.

 

Tata Cara Pendaftaran Menjadi Penyedia di Software Procurement

 

 

Untuk menjadi penyedia barang jasa di lingkup pemerintah, Anda bisa mendaftarkan diri secara online. Hal pertama adalah harus dipastikan Anda memiliki e-mail. Setelah itu, akses website LPSE di kota terdekat atau yang sudah Anda tuju. Setelah itu, langsung klik “mendaftar sebagai penyedia barang/jasa”.

 

Anda bisa langsung memasukkan email perusahaan di halaman pendaftaran. Anda akan diminta untuk mengisi form pendaftaran online. Tentunya ada beberapa berkas yang harus Anda siapkan. Misalnya KTP dari direksi/direktur/pemilik perusahaan dan juga NPWP. Anda juga harus memasukkan Surat Izin Usaha Perdagangan/Surat Izin Jasa Konstruksi/Izin usaha lain berdasarkan bidang.

 

Siapkan juga Tanda Daftar Perusahaan serta Surat Keterangan Domisili Usaha. Jangan lupa dengan akta pendirian perusahaan atau jika ada akta perubahan. Untuk badan usaha yang sudah berbentuk PT, Anda harus melampirkan pengesahan akta yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Semua berkas ini harus disiapkan versi asli dan salinan.

 

 

Leave a Comment